Perancangan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi September 2017

Authors

  • Norapika Norapika Program Studi Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bengkalis “Bengkalis” Riau, Indonesia
  • Lizar Lizar Program Studi Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bengkalis “Bengkalis” Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33005/kern.v10i2.75

Keywords:

MDPJ 2017, Perkerasan Jalan, Tulangan, RAB

Abstract

Jalan Pangkalan Nyirih - Kadur merupakan salah satu jalan yang berada Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, Jalan Pangkalan Nyirih - Kadur saat ini sudah ditimbun dengan base B, Namun saat ini kondisinya sudah mengalami kerusakan berupa lubang lubang besar karena penimbunan dilakukan beberapa tahun yang lalu. Maka dari itu diperlukan perencanaan tebal perkerasan dan rencana anggaran biaya. Metode yang digunakan untuk menghitung tebal perkerasan adalah Manual Desain Perkerasan 2017, sedangkan untuk anggaran biaya menggunakan HSP bengkalis tahun 2022. Dengan umur rencana 40 tahun dan nilai CBR lapangan 7.8%, maka diperoleh hasil lapis pondasi kelas B setebal 300 mm, lapis pondasi kelas A setebal 125 mm dan perkerasan kaku setebal 200 mm mutu beton K-300 kg/cm². Direncanakan menggunakan Beton Bersambung Dengan Tulangan (BBDT) anyaman welded wiremesh, dan menggunakan Dudukan tie bar yang digunakan adalah baja tulangan polos, diperoleh hasil rencana anggaran biaya sebesar Rp.19.117.704.648,81

References

Dini Stiyoningsih, 2018. Dengan judul “Desain Tebal Perkerasan Kaku Jalan Raya Menggunakan Microsoft Excel Berdasarkan Manual Desain Perkerasan Jalan 02/M/BM/2013 dan NAASRA”, Program Studi D4 Teknik Perancangan Jalan dan

Efan Syahrudi, 2018. Dengan judul “Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Bina Marga 2003 (Pd T-14-2003) dan 2017 (Revisi Juni 2017) (Studi Kasus Jalan Kalematan-Sekodi)”, Program Studi D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negri Bengkalis.

September 2017, Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat.

Bina Marga, 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017, Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, (2022), Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum, Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat.

PP 79 (2013), Tentang Jaringan Lalu Lintas Jalan dan Angkutan Jalan

Bina Marga, 2007, Prosedur Operasional Standar Survei Lalu Lintas, Dapartemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.

Indonesia Integrated Roat Management System (IIRMS), (2005), Panduan Penetapan CBR Lapangan Melalui Pengujian Desain Alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer), Kementerian Pekerjaan Umum.

PERDA No11 Tahun 2016, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkalis.

Lis Suganda, 2018. Dengan judul “Perancangan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi Juni 2017 dan Rencana Anggaran Biaya Studi Kasus Wonosari Barat Kecamatan Bengkalis”, Program Studi D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negri Bengkalis.

Downloads

Published

2025-09-09

How to Cite

Norapika, N., & Lizar, L. (2025). Perancangan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan Revisi September 2017. KERN : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 10(2), 59–66. https://doi.org/10.33005/kern.v10i2.75

Issue

Section

Articles