Analisis Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga dan Aplikasi Roadlab Pro

Authors

  • Adela Salsabila Politeknik Negeri Bengkalis
  • Lizar Program Studi Teknik Perancangan Jalan Dan Jembatan, Jurusan Teknik sipil Poleteknik Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.33005/kern.v11i2.74

Keywords:

Aplikasi Roadlab Pro, Bina Marga 1990, Kerusakan Jalan, RCI

Abstract

Kerusakan jalan menjadi masalah yang sering kali terjadi, terkhusus infrastruktur jalan di Kabupaten Bengkalis dari total panjang jalan yang mencapai 1.311,961 km, lebih dari 629 km diantaranya mengalami kerusakan ringan hingga berat, terutama pada jalan lentur yang memiliki umur layanan dan daya dukung terbatas, permasalahan sering kali terjadi akibat beban lalu lintas, perubahan cuaca, serta umur layanan jalan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan analisis yang mendalam terhadap tingkat kerusakan jalan. Metode yang digunakan adalah metode Bina Marga 1990, Surface Distress Index (SDI), Road Condition Survey (RCS), Road Condition Index (RCI), dan International Roughness Index (IRI), dan Aplikasi Roadlab Pro. Berdasarkan data hasil metode Bina Marga 1990, nilai kondisi jalan ˃7 terdapat 284 STA perlu dilakukan pemograman pemeliharaan rutin, nilai kondisi jalan 4 – 6 terdapat 16 STA perlu dilakukan pemograman pemeliharaan berkala. Hasil pengaplikasian RoadLab Pro memiliki nilai RCI rata-rata sebesar 8,49 dan survei manual di lapangan nilai RCI rata-rata sebesar 7,11. Perbandingan selisih nilai yang cukup signifikan penggunaan aplikasi RoadLab Pro dapat membantu mempercepat penilaian kekasaran jalan, akurasinya belum sepenuhnya konsisten. Selisih nilai dengan survei manual menunjukkan aplikasi ini sebaiknya digunakan sebagai alat pendukung

References

S. Dzulisnayni, “Analisis Tingkat Ketidakrataan Jalan Dengan Menggunakan Aplikasi Roadlab Pro Berbasis Android (Studi Kasus Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar),” 2024.

A. Wardani, A. Kristiawan, and N. Samsudin, “Analisis Kerusakan Jalan Akibat Volume Kendaraan ‘Studi Kasus : Jalan Raya Semarang Boja Km 38 – 42,’” 2019.

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Indonesia, 2022.

Y. Widhiastuti, “Pengaruh Interval Unit Segment Terhadap Besaran Surface Distress Index (SDI) Pada Ruas Jalan Puk Jalan Lettu Suyitno Kabupaten Bojonegoro STA 0+000 - 3+000,” Jurnal Teknik Sipil Unigoro, 6(1), pp. 65–78, 2021.

A. Zulfikar, jul Arifin, S. Fauziah Badaron, M. Haris, and A. Gecong, “Analisa Penilaian dan Penanganan Kondisi Jalan Menggunakan Metode SDI, RCI dan IRI di Ruas Jalan Maros-Pangkep,” vol. 1, pp. 2655–7266, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ft.umi.ac.id/index.php/JILMATEKS

E. E. Ekpenyong, Abu, and K. Z. Cinfwat, “Comparative Study of the Road Roughness Measurement of Roadlab Pro and Roadroid Applicatons for IRI Data Collection in Nigeria,” 2021, doi: 10.9790/1813-1005031419.

A. An Anisarida, “Evaluasi Kondisi Permukaan Jalan Dengan Metode Road Condition Index (RCI),” vol. 2, 2017.

Direktorat Jendral Bina Marga, Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota No. 018/BNKT/1990. 1990.

Kementrian Pekerjaan Umum, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 13/PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. 2011.

Pemerintah Daerah Provinsi Riau, Keputusan Gubernur Riau Nomor. KPTS.7464/X/2023 Tentang Penetapan Ruas Jalan Menurut Statusnya Sebagai Jalan Provinsi di Provinsi Riau. Indonesia, 2023.

Downloads

Published

2025-10-08

How to Cite

Salsabila , A., & Lizar. (2025). Analisis Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga dan Aplikasi Roadlab Pro. KERN : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 11(2), 91–99. https://doi.org/10.33005/kern.v11i2.74

Issue

Section

Articles