Modifikasi Model Rangka Jembatan Jrebeng Sidoarjo dari Model Warren Menjadi Rangka Howe

Authors

  • Sumaidi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Fithri Estikhamah Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/kern.v7i1.39

Keywords:

Jembatan, Legundi, Warren Truss, Model Howe

Abstract

Jembatan Jrebeng 1 merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Legundi, Sidoarjo, menghubungkan Jl. Raya Legundi dan Jl. Gubernur Sunandar, Sidoarjo. Jembatan ini banyak dilalui oleh kendaraan bermuatan berat yang menuju ke kawasan industri. Jembatan Jebreng 1 memiliki lebar jalan 9 m dengan lebar masing-masing trotoar 1 m, lebar jalan kedaraan 7 m, dan tipe jalan 2/2 UD. Panjang 1 segmen jembatan sebesar 60 m dan tinggi 6.5 m. Model rangka yang digunakan adalah model Warren Truss. Hasil dari pembebanan yang telah dihitung dari hasil survei akan digunakan permodelan jembatan yang dikerjakan pada aplikasi SAP2000 untuk memodifikasi rangka utama jembatan menjadi model Howe.

References

Setiawan, Agus. 2013. Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD. Erlangga. Jakarta.

Lapis, J. O., Balamba, S,. Sompie, O., Sarajar, A. 2013. ”Analisa Kestabilan Pondasi Jembatan Studi Kasus : Jembatan Essang Lalue". Jurnal Sipil Statik 1(11) : 10-16.

Siswanto, Aries D. 2010. ”Analisa Sebaran Total Suspended Solid (TSS) di Perairan Pantai Kabupaten Bangkalan Pasca Jembatan Suramadu". Jurnal Kelautan 3(2) 91-96.

Wanarno, Adhyta N., Pakpahan, Alfred Nobel., Tudjono, Sri, dan Nuroji. 2013. "Perencanaan Jembatan Leho Kawasan Pesisir Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, dengan Struktur Jembatan Pelengkung (Arch Bridge)". JurnalTugas Akhir-Teknik Sipil UNDIP 1-7.

Direktorat Jendral Bina Marga Departemen PU. 2005. Pedoman 07-BM-2005 tentang "Gambar Standar Rangka Baja Bangunan Atas Jembatan Kelas A dan B. Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional. 2000. Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung SNI 03-1729-2002. Bandung.

Badan Standarisasi Nasional. 2005. T-02-2005 tentang "Standar Pembebanan untuk Jembatan".Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional. 2005. T-03-2005 tentang "Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan". Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional. 2016. SNI 1725-2016 tentang "Pembebanan untuk Jembatan". Jakarta.

Pangestuti, Ayu., Sandy, Dhian, dan Mustholih 2015. "Jembatan Struktur Rangka Baja Permodelan jembatan Rangka "Dan Bridge", Vol 2 No. 2, September 2015.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Sumaidi, & Estikhamah, F. . (2025). Modifikasi Model Rangka Jembatan Jrebeng Sidoarjo dari Model Warren Menjadi Rangka Howe. KERN : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 7(1), 13–18. https://doi.org/10.33005/kern.v7i1.39

Issue

Section

Articles