Analisa dan Pemetaan Kepadatan Jalan dan Korelasinya dengan Keberadaan Mall
DOI:
https://doi.org/10.33005/kern.v6i1.26Keywords:
SIG, Volume Kendaraan, Regresi Linier, KorelasiAbstract
Kota Surabaya merupakan salah satu kota terbesar yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Timur, tepatnya kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, berdirinya pusat-pusat perbelanjaan akan di perkirakan berpengaruh pada volume lalu lintas di beberapa titik ruas jalan di depan mal. Ruas jalan Ahmad Yani (depan mal Cito), jalan Ahmad Yani (depan mal Royal), jalan Hayam Wuruk (depan mal Sutos), jalan Dr.Ir.H.Soekarno (depan mal Galaxy), jalan Gembong (depan mal ITC). Pada jam sibuk pagi (06.00-08.00) serta jam sibuk sore (16.00-18.00). Penelitian ini menggunakan alat bantu Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk pemetaan dengan Standart MKJI untuk bidang Transportasi. Dari hasil yang diperoleh nilai volume kendaraan untuk kepadatan volume kendaraan dengan keberadaan mal diperoleh MC (sepeda motor) terletak pada jalan Ahmad Yani depan mal Cito sebesar 1704 Smp/Jam, Sedangkan untuk LV (Kendaraan Ringan) terletak pada jalan Gembong depan mal ITC sebesar 1711 Smp/Jam dan untuk HV (Kendaraan Berat) terletak pada jalan Ahmad Yani depan mal Cito dan jalan Ahmad Yani depan mal Royal sebesar 42 Smp/Jam. Jumlah rata-rata pengunjung mal terbesar terletak pada mal ITC sebesar 1620 orang sedangkan rata-rata pengunjung mal terkecil berada di mal Sutos sebesar 798 orang. Model Regresi yang di dapatkan berdasarkan hasil rekapitulasi pada tiap-tiap mal dan menunjukkan bahwa mal ITC yang paling terbesar dengan hasil R = 0,803 yaitu korelasi positip sangat kuat dan R Square (R2) = 0,645=64,554%.
References
Ahmad Irfan AW (2020). https://ahmadirfanaw.wordpress.com/2011/12/19/sistem-koordinat-geografis/
Arindra Fanani, (2006). ”Pemetaan Kepadatan Volume Kendaraan pada Ruas Jalan Kalianak – Romokalisari dengan menggunakan Metode Least Square” Tugas Akhir, Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur.
Didik Sunardi, Ida Farida, Agus Ismail, (2013). Dengan judul “Studi Analisis Hubungan, Kecepatan, Volume, dan Kepadatan di Jalan Merdeka Kabupaten Garut dengan Metode Greenshields” Jurnal Konstruksi Sekolah Tinggi Teknologi Garut, ISSN: 2302-7312 Vol. 11 No. 1 2013. http://jurnal .sttgarut.ac.id.
Direktorat Jendral Bina Marga, Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997, Penerbit Departemen Pekerjaan Umum.
Drs. Pangestu Subagyo, M.B.A dan Drs. Djarwanto Ps. 2005. Statistika Induktif Edisi 5. Yogyakarta: BPFE YOGYAKARTA Anggota IKAPI No. 008.
GIS Indonesia, Sistem Proyeksi Koordinat UTM (Universal Transverse Mercator). http://gis-indonesia.blogspot.com/2011/05/sistem-proyeksi-koordinat-utm-universal.html
Hendrata Wibisana, Nugroho Utomo, (2016) “Pemetaan Kecepatan dan Kerapatan Lalu Lintas di Ruas Jalan Arteri Kota Surabaya”, Dosen, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, UPN “Veteran” Jawa Timur. Jurnal Teknik Sipil Volume 12 Nomor 2, Oktober 2016 : 99-81.
Indarto, (2013). Sistem Informasi Geografis. Graha ilmu. Yogyakarta, ISBN: 978-602-262-118-8
Inosesnsius Ceme, (2014). “Analisa Korelasi Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kebisingan Di Ruas Jalan Arteri, Kecamatan Menganti-Gresik” (Studi Kasus: Jalan Raya Menganti). Tugas Akhir, Mahasiswa Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur.
Siti Zainab (2011). Demgan judul “Analisa Temporal Volume Lalu Lintas Kendaraan Bermotor”. Jurnal. Teknik Sipil KERN Vol. 1 No. 1 Mei 2011. Program Studi Teknik Sipil – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Wikipedia bahasa Indonesia, Sistem Informasi Goeografis, https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_geografis.