Modifikasi Rangka Baja Jembatan Sembayat Baru Menggunakan Sistem Rangka Baja Throught Warren Truss

Authors

  • Sumaidi Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur
  • Anna Rumintang Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil, Universitas Pembangunan “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/kern.v5i2.19

Keywords:

Basic Truss, Trought Warren Trust, Batang Tarik Dan Tekan, Perletakan

Abstract

ABSTRAK

Perencanaan struktur jembatan perlu mempertimbangkan desain yang tepat agar material yang digunakan menjadi efektif. Jembatan Sembayat Baru di Kabupaten Gresik yang didesain menggunakan jembatan rangka baja basic truss sepanjang 60 m dimana terdapat kerusakan pada rangka sehingga menjadi tidak efektif karena jembatan tersebut merupakan jembatan nasional yang arus lalu lintasnya padat. Pertimbangan jembatan rangka baja sistem trought warren truss merupakan keputusan yang tepat. Dalam perencanaan ini, jembatan Sembayat Baru didesain dengan tetap menggunakan rangka baja, namun dirubah profil dan sistemnya yaitu dari basic truss menjadi trought warren truss. Dasar perencanaan jembatan mengacu pada peraturan BMS 1992 dan SNI 1729-2015. Analisis perhitungan struktur utama dan sekunder menggunakan bantuan software SAP 2000. Dari hasil perencanaan, didapat profil struktur rangka utama yaitu menggunakan profil 400x400x21x21 untuk rangka atas dan bawah, profil WF 400x300x10x16 sebagai rangka vertikal dan profil WF 400x400x18x18 sebagai rangka diagonal. Perhitungan kontrol batang tarik dan tekan menunjukkan kesimpulan bahwa jembatan masih mampu menahan beban layan.

References

“Belum Setahun Diresmikan, Jembatan Sembayat II Retak _ TIMES Indonesia.” .

R. B. A. Affandhie, C. Chomaedhi, and E. Hardiyanto, “Modifikasi Desain dan Metode Pelaksanaan Duplikasi Jembatan Sembayat Kabupaten Gresik pada STA 0+350 – STA 0+530 dengan Sistem Jembatan Busur Rangka Baja,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 16, no. 1, p. 31, 2018.

R. Prasmoro, H. S. Masiran, and E. Wahyuni, “Modifikasi Jembatan Sembayat Baru II Menggunakan Sistem Jembatan Busur Rangka Baja,” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 1, 2017.

A. . Fallis, “済無No Title No Title,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

R. Ermawan, “PERANCANGAN DAN ANALISIS JEMBATAN RANGKA BAJA CANAI,” vol. 6, pp. 1–14, 2019.

J. Karya and T. Sipil, “Perancangan Ulang Jembatan Bengawan Solo Lama Cepu-Blora,” vol. 5, no. 1, pp. 90–106, 2016.

E. Arifi, M. T. Hidayat, and H. E. Grahadika, “Pengaruh Konfigurasi Rangka dan Optimasi Profil Terhadap Kinerja Pada Struktur Jembatan Rangka Baja,” Rekayasa Sipil, vol. 10, no. 3, pp. 187–193, 2016.

N. Hadi and D. E. Leo, “Analisis Perbadingan Perkuatan Jembatan Rangka Baja Dengan Metode Prategang Eksternal Ditinjau Dari Bentuk Trase Kabel Prategang,” J. Mitra Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 230–239, 2018.

J. Triyanto, Z. Djauhari, and M. Olivia, “TINJAUAN GAYA MOMEN PADA TIAP BATANG,” vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2018.

S. Nasional, “Standar pembebanan untuk jembatan,” 2005.

BSN, “SNI 1729: Spesifikasi untuk bangunan gedung baja struktural Badan Standardisasi Nasional,” Badan Standarisasi Nas., 2015.

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Sumaidi, & Rumintang, A. . (2025). Modifikasi Rangka Baja Jembatan Sembayat Baru Menggunakan Sistem Rangka Baja Throught Warren Truss. KERN : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 5(2), 29–32. https://doi.org/10.33005/kern.v5i2.19

Issue

Section

Articles