Analisa Kelayakan Tarif Dan Kepuasan Penumpang Dari Suroboyo Bus Tumpuk Armada Bus Bank Mayapada
Keywords:
Customer Satisfaction Index (CSI), Kelayakan Tarif, Kepuasan Penumpang, Suroboyo Bus Tumpuk (SBT), Willingness to Pay (WTP)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan tarif dari SBT menggunakan metode Willingness to Pay (WTP) dan mengetahui persentase tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan SBT menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Sampel yang diambil sebanyak 100 responden, diperoleh dari perhitungan jumlah sampel. Pengumpulan data menggunakan cara pembagian kuesioner kepada penumpang sepanjang rute SBT. Dari hasil penelitian kelayakan tarif didapat WTP untuk kelompok masyarakat umum sebesar Rp4.288,00 yang berarti butuh peningkatan pelayanan atau butuh penyesuaian tarif dan WTP untuk kelompok pelajar/mahasiswa sebesar Rp3.815,00 yang berarti memiliki keleluasaan meningkatkan tarif tanpa harus meningkatkan pelayanan. Dalam hasil penelitian kepuasan penumpang didapatkan nilai CSI sebesar 91,89 %, hal ini berarti penumpang sangat puas dengan pelayanan yang ada tetapi bukan berarti tidak ada yang perlu ditingkatkan terutama kesopanan dan kepedulian petugas SBT.
References
D. Purwanto dan Ismiyati, “Pengelolaan Transportasi Berwawasan Lingkungan Sebagai Dampak Perkembangan Perkotaan Tak Terkendali (Studi Kasus Kota Semarang),” Media Komunikasi Teknik Sipil, vol. 20, no. 1, hlm. 93–101, 2014.
B. Turasno, R. Anggraini, dan Y. Darma, “Analisa Tarif Bus Trans Koetaradja Koridor 2A (Pusat Kota – Blang Bintang) berdasarkan Biaya Operasi Kendaraan, Ability to Pay dan Willingness to Pay,” Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, vol. 2, no. 1, hlm. 11–21, Mar 2019.
A. Sirat, “Telaah atas Kewenangan Kementerian Keuangan (C.Q. Ditjen Anggaran) dalam Menilai Kelayakan Proposal Anggaran Kementerian/Lembaga,” Jurnal Anggaran dan Keuangan Negara Indonesia (AKURASI), vol. 1, no. 2, hlm. 24–24, 2017.
Walikota Surabaya Provinsi Jawa Timur, “Peraturan Walikota Surabaya Nomor 56 Tahun 2021,” 2021.
E. Jalil, R. Anggraini, dan S. Sugiarto, “Analisis Biaya Operasional Kendaraan, Ability to Pay dan Willingness to Pay untuk Penentuan Tarif Bus Trans Koetaradja Koridor III,” Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, vol. 1, no. 4, hlm. 1–10, 2018.
F. Jamil, “Kinerja Operasional dan Tingkat Kepuasan Penumpang Bus Trans Jogja Trayek 6A dan 6B (Operational Performance and Customer Satisfaction of Public Transport Trans Jogja on Lines 6A and 6B),” 2021.
H. Widagdo dan faradila Meirisa, “Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Jasa Transportasi BRT Trans Musi Kota Palembang,” Jurnal Keuangan dan Bisnis, vol. 16, no. 2, hlm. 1–29, 2018.
F. Estikhamah dan N. Utomo, “Analisis Faktor Tingkat Kepuasan Pelanggan Bus Patas Sugeng Rahayu Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfication Index (CSI),” KERN: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, vol. 5, no. 2, hlm. 23–28, 2019.
B. Nababan, “Panduan Pengolahan Data Service Quality (SQ), Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Index Performance Analysis (IPA) dengan Sofware Excel dan SPSS,” dalam Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dewantara., 2018.
N. Mulyatno, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar (Wilingness to Pay) dan Kemampuan Membayar (Ability to Pay) Pasien Poli Umum pada RSUD Kota Tangerang Selatan dengan Metode Contingent Valuation,” Jurnal Quality, vol. 6, no. 23, hlm. 300–3019, 2016.